Teka-Teki Asah Otak dan jawabannya mainkan Logika anda

Teka-Teki Asah Otak - Siapa yang tidak penasaran pada teka-teki? Banyak orang dengan berbagai rentang usia masih memainkannya hingga saat ini. Permainan teka-teki memang sudah dikenal lama. Permainan ini tidak hanya berfungsi sebagai hiburan atau pembunuh rasa bosan, lebih dari itu, permainan teka-teki dapat juga digunakan untuk mengasah ketajaman otak dan kemampuan memecahkan masalah. Teka-teki yang digunakan untuk tujuan ini sering dikenal sebagai teka-teki asah otak.

Tak dapat dipungkiri, ada kebanggaan tersendiri jika kita bisa memecahkan sebuah teka-teki yang tampak sulit atau yang tidak bisa dipecahkan teman-teman kita. Selain bisa memperlihatkan kecerdasan kita, jika kita bisa memecahkan teka-teki, tanpa sadar rasa percaya diri kita pun akan bertambah.

Teka-Teki Asah Otak dan jawabannya mainkan Logika anda
Image by Youtube.com

Untuk kamu yang suka dengan teka-teki, berikut kami tampilkan kumpulan teka-teki asah otak yang sayang untuk kamu lewatkan.

1. Aku dan kawan-kawanku tinggal di atas bukit merah. Kami semua berjumlah 30. Kami suka menginjak-injak makanan tapi setelahnya kami akan diam. Apakah kami?
Jawaban : Gigi
2. 4 + 1 = 20
0 + 3 = 0
2 + 5 = 14
6 + 2 = 48
5 + 7 = ...?
Berapa jawaban yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas?
Jawaban : 60. Caranya adalah dengan menjumlahkan ke-2 angka lalu mengalikannya dengan angka di bagian depan. 4 + 1 = (4 + 1) x 4 = 5 x 4 = 20; 0 + 3 = (0 + 3) x 0 = 3 x 0 = 0; dst. Sehingga 5 + 7 = (5 + 7) x 5 = 12 x 5 = 60.

3. 1379 = 0
2152 = 1
6071 = 1
7531 = 0
1171 = ...?
Apa jawaban dari titik-titik tersebut?
Jawaban : 0. Jika semua angka merupakan angka ganjil, maka jawabannya adalah 0. Tapi jika ada angka genapnya maka jawabannya 1.

4. Pada siapa semua orang rela mengangkat topinya?
Jawaban : Tukang cukur

5. Dalam sebuah rumah ada 8 anak. A sedang menonton TV, B sedang belajar, C sedang membaca buku, D sedang bermain tenis meja, E sedang menggambar, F sedang mencuci piring, G sedang bermain gitar. Apa yang dilakukan H?
Jawaban : Bermaian tenis meja dengan D. Main tenis meja kan butuh 2 orang.

6. 5 kucing dapat menangkap 5 tikus dalam waktu 5 menit. Berapa jumlah kucing yang diperlukan untuk menangkap tikus sebanyak 100 ekor dalam waktu 100 menit?
Jawaban : 5 kucing. Jika 5 kucing dapat menangkap 5 tikus dalam 5 menit berarti 1 kucing bisa menangkap 1 tikus dalam waktu 5 menit. Dalam 100 menit, 1 kucing dapat menangkap 20 ekor tikus (100/5=20). Jadi, jika 1 kucing dapat menangkap 20 tikus dalam waktu 100 menit, maka untuk mendapat 100 tikus dalam waktu yang sama diperlukan 5 kucing.

7. Seorang pria baru saja pulang dari kantor dan sedang menunggu bus. Ia memiliki seorang istri dan 5 orang anak. Semua anaknya sudah menikah dan masing-masing memiliki 3 orang anak. Pria itu juga memiliki seorang pembantu tapi pembantu itu tidak ikut naik bus karena harus mencuci baju di rumah. Jadi, berapa orang yang akan menaiki bus?
Jawaban : 1 orang. Karena tidak disebutkan jika anggota keluarga yang lain sedang menunggu bus, jadi yang saat itu sedang menunggu bus dan akan naik hanyalah pria itu.

8. Sebuah keluarga terdiri atas ayah, ibu, 7 anak laki-laki dan masing-masing memiliki 1 saudara perempuan. Jadi, berapa jumlah orang dalam keluaraga tersebut?
Jawaban : 10 orang. Mari kita hitung! Keluarga tersebut terdiri atas ayah, ibu, 7 anak laki-laki, dan 1 anak perempuan yang menjadi saudara dari ke-7 anak laki-laki itu.

9. Sebuah kapal berpenumpang 15 orang mengalami kerusakan ketika sedang berada di tengah laut karena menabrak karang. Bagian bawah dari kapal itu hancur dan akan segera tenggelam dalam waktu 22 menit. Beruntung, di kapal itu ada perahu kecil berdayung. Semua orang di kapal itu berkumpul dan mengatur strategi untuk bisa mencapai pulau terdekat agar selamat. Sayangnya perahu tersebut hanya bisa memuat 5 orang, sedangkan perjalanan bolak-balik ke pulau terdekat membutuhkan waktu 7 menit. Berapa jumlah orang yang bisa diselamatkan?
Jawaban : 13 orang. 7 menit pertama, 5 orang menyeberang ke pulau, kemudian 4 orang turun dan 1 orang mendayung kembali perahu untuk menjemput orang yang tersisa (sisa 10 orang, 15 menit). 7 menit kedua, 4 orang naik ke perahu dan pergi ke pulau, lalu setelahnya 1 orang kembali mendayung untuk kembali ke kapal (sisa 6 orang, 8 menit). Kesempatan terakhir, 4 orang naik lagi menuju pulau. Sesampainya di pulau, 5 orang turun (sisa 2 orang, 1 menit). Di waktu yang tersisa tidak bisa menjemput 2 orang yang masih tertinggal, jadi mereka tidak bisa diselamatkan.

10. Aku adalah 2/6 monyet, 2/8 binatang, 1/5 lalat. Apakah aku?
Jawaban : Mobil. MO adalah 2/6 dari MONYET, BI adalah 2/8 dari BINATANG, L adalah 1/5 dari LALAT.
11. Ketika pertama kali aku berkata, aku tampak sangat misterius. Tapi setelah aku menjelaskan semua, ternyata tidak ada yang serius. Apakah aku?
Jawaban : Teka-teki

12. Tiap malam aku mengatakan apa yang harus kulakukan dan tiap pagi aku melakukannya. Tapi aku tetap saja tidak bisa menghindari omelanmu. Siapakah kamu?
Jawaan : Alarm jam

13. Dalam satu tahun ada 12 bulan. 7 bulan memiliki 31 hari. Berapa banyak bulan yang memiliki 28 hari?
Jawaban : Semua bulan memiliki 28 hari.

14. Apa 4 huruf terakhir dalam susunan huruf ini : J, F, M, A ,M, J , J, A, ..., ..., ..., ...?
Jawaban : S, O, N, D. Susunan huruf itu merukana huruf depan dari nama bulan dalam satu tahun. 4 huruf itu berasal dari September, Oktober, November, Desember.

15. Ibu Jimmy memiliki 4 orang anak. Anak pertama bernama Senin. Anak kedua bernama Selasa. Anak ketiga bernama Rabu. Siapa nama anak keempat?
Jawaban : Jimmy. Ibu Jimmy hanya memiliki 4 anak.

16. Sebuah keluarga tinggal di lantai 10 sebuah apartemen besar. Setiap hari anak mereka menggunakan lift dari lantai 10 apartemen mereka ke lantai dasar untuk berangkat sekolah. Ketika ia pulang, ia juga menggunakan lift yang sama tapi hanya mencapai lantai 5 kemudian menggunakan tangga untuk naik ke 5 lain yang masih tersisa. Mengapa ia melakukan hal itu?
Jawaban : Karena anak itu tidak dapat menjangkau tombol lift lebih dari 5.

17. Aku tidak memiliki kekuatan super, tapi aku selalu bisa memprediksi skor dari semua pertandingan sepak bola sebelum pertandingan itu dimulai. Bagaimana aku bisa melakukannya?
Jawaban : Skor semua pertandingan sepak bola sebelum dimulai selalu 0-0.

18. Kamu mengemudikan sebuah bus. Di pemberhentian pertama, ada 2 wanita yang naik. Di pemberhentian kedua, ada 3 pria naik dan seorang wanita turun. Di pemberhentian ketiga, ada 3 anak dan ibu mereka naik, dan seorang pria turun. Bus itu berwarna abu-abu dan di luar sedang hujan deras. Apa warna rambut pengemudi bus itu?

Jawaban : Sebutkan saja apa warna rambutmu! Ingat, kamu adalah pengemudi busnya.

19. Sebuah lift mengalami kerusakan dan anjlok. Ada 4 orang di dalam lift termasuk aku. Ketika lift mencapai lantai 1, 1 orang keluar dan 3 orang masuk. Ketika lift sampai di lantai 2, semua orang turun lalu masuklah 6 orang. Lift itu terus naik tanpa ada seorang pun yang turun tapi 12 orang masuk di sepanjang perjalanan. Tiba-tiba kabel lift putus sehingga lift tersebut anjlok hingga ke dasar. Akibatnya semua orang yang ada di lift itu mati. Bagaimana aku bisa selamat?
Jawaban : Aku keluar di lantai 2.

20. Aku meninggalkan kemahku dan mendaki ke selatan sejauh 3 mil. Lalu aku berbelok ke timur dan mendaki lagi sejauh 3 mil. Aku kemudian berbelok ke utara dan mendaki sejauh 3 mil lagi. Di waktu yang sama ketika aku mencapai kemahku, ada seekor beruang di sana tengah memakan bekalku. Apa warna beruang itu?
Jawaban : Putih. Karena satu-satunya tempat yang memungkinkanmu untuk mendaki 3 mil ke selatan, 3 mil ke timur, dan 3 mil ke utara, lalu kembali ke titik mulamu adalah Kutub Utara. Di sana hanya ada beruang kutub dan warna beruang kutub adalah putih.

21. Kamu ada di pabrik kue dan akan membuat kue cokelat besar. Di resep disebutkan bahwa untuk membuatnya dibutuhkan 4 gelas gula. Masalahnya adalah kamu hanya memiliki 2 buah ember di sana. Ember yang satu sama ukurannya dengan volume 5 gelas, sedang ember yang kedua ukurannya sama dengan volume 3 gelas. Dengan menggunakan ember-ember itu, bagaimana kamu akan mengukur 4 gelas gula yang kamu butuhkan itu?
Jawaban :
Solusi 1 : Isi ember berkapasitas 3 gelas dan tuang ke dalam ember berkapasitas 5 gelas. Isi ember 3 gelas lagi dan tuang ke ember 5 gelas sampai penuh. Jadi, masih ada 1 gelas gula yang tersisa di ember 3 gelas setelahnya. Tuang semua gula yang ada di ember 5 gelas dan masukkan 1 gelas gula yang ada di ember berkapasitas 3 gelas ke ember 5 gelas yang sudah kosong itu. Kemudian isi ember berkapasitas 3 gelas sampai penuh kemudian tuang ke ember berkapasitas 5 gelas. Sekarang kamu memiliki 4 gelas gula di ember berkapasitas 5 gelas.
Solusi 2: Isi ember berkapasitas 5 gelas dan tuang ke ember 3 gelas sehingga akan menyisakan 2 gelas gula di ember 5 gelas. Tuang semua gula yang ada di ember 3 gelas dan masukkan 2 gelas gula dari ember 5 gelas ke dalamnya. Kemudian isi ember berkapasitas 5 gelas hingga penuh dan tuangkan ke ember berkapasitas 3 gelas sampai penuh. Sekarang kita memiliki 4 gelas gula di ember berkapasitas 5 gelas.

Baca Juga : Teka teki sulit dan jawabannya

22. Seorang pria melihat foto seseorang. Temannya bertanya siapa yang ada di foto itu. Pria tersebut menjawab, “Aku tidak memiliki saudara laki-laki maupun perempuan. Tapi ayah dari anak laki-laki ini adalah anak laki-laki ayahku”. Siapa yang ada di foto tersebut?
Jawaban : Anak laki-lakinya.

23. Seorang pria menuju sebuah gunung sambil membawa serta seekor singa, seekor kambing, dan sekarung sayur-sayuran. Di tengah jalan, ia harus menyeberangi sebuah sungai dan perahu yang ada hanya bisa menampung 2 barang pada waktu yang bersamaan. Jika ia membawa sayur, singa itu akan memakan kambingnya. Jika ia membawa singanya, kambing itu akan ganti memakan sayurannya. Bagaimana ia akan menyeberangi sungai itu?
Jawaban : Pertama-tama ia akan membawa kambingnya dan meninggalkan singa serta sayurannya di sana. Setelah sampai di seberang, ia meninggalkan kambingnya di sana. Ia lalu kembali untuk mengambil singa dan meninggalkan sayuran. Ketika sampai di seberang, ia menurunkan singa dan membawa kembali kambing yang tadinya sudah ia turunkan bersamanya. Ia kemudian menurunkan kambing dan membawa sayuran untuk menyeberang. Terakhir, ia akan kembali dan membawa kambing itu bersamanya.

24. Ketika seorang anak berusia 2 tahun, saudara laki-lakinya memiliki usia setengahnya. Jika anak tadi sekarang sudah berusia 100 tahun, berapa usia saudara laki-lakinya itu sekarang?
Jawaban : 99 tahun

25. Aku kasar dan berwarna keabu-abuan seperti batu. Aku polos sepolos-polosnya. Tapi aku memiliki sesuatu yang sangat indah yang tersembunyi di dalam diriku. Apakah aku?
Jawaban : Tiram mutiara

26. Bagaimana cara menyusun operasi matematika hanya dengan menggunakan angka 9 untuk menghasilkan angka 100?
Jawaban : 9 x 9 + 9 + 9 + 9 : 9 = 100

27. Bagaimana cara menyusun penjumlahan angka 8 hingga menghasilkan angka 1000?
Jawaban : 888 + 88 + 8 + 8 + 8 = 1000

28. Apa yang ada di dalam sebuah kantong celana yang kosong?
Jawaban : Sebuah lubang.

29. Seorang pria lahir di 1995. Sekarang ia berusia 33 tahun. Bagaimana ini bisa terjadi?
Jawaban : 1995 sebenarnya adalah nomor kamar rumah sakit tempat ia dilahirkan.

30. Di 1990, seorang anak berusia 15 tahun. Di 1995, anak yang sama berusia 10 tahun. Bagaimana ini bisa terjadi?
Jawaban : Anak ini lahir pada tahun 2005 sebelum masehi (SM), sehingga ia memiliki usia 10 tahun di tahun 1995 SM dan berusia 15 tahun di tahun 1990 SM.

31. Ibuku adalah ahli kimia. Ayahku ahli matematika. Mereka memberiku nama panggilan Iron59. Siapa sebenarnya namaku?
Jawaban : Nama asliku adalah Felix. Di tabel periodik unsur, Iron atau besi memiliki simbol Fe sedangkan LIX adalah angka romawi untuk 59.

32. Kamu ada di sebuah penjara bawah tanah dengan makanan dan air yang hanya cukup untuk persediaan 3 hari. Di sana ada 3 pintu. Pintu pertama akan mengantarkanmu pada tembok api setinggi 5 meter. Pintu kedua akan mengantarkanmu pada seekor beruang kutub dengan anaknya yang masih kecil. Dan pintu yang ketiga akan mengantarkanmu pada sekumpulan buaya yang kelaparan. Pintu mana yang akan membawamu pada kebebasan?
Jawaban : Kamu harus memilih pintu pertama. Beruang kutub itu tentu akan melindungi anaknya, sekalipun kamu menawarkan makananmu padanya. Dan tak seorang pun bisa berenang di danau penuh buaya kelaparan. Jadi, kamu harus menggunakan embermu untuk melawan api dengan air yang kamu ambil dari danau penuh buaya itu dan mengalihkan perhatian buaya-buaya kelaparan itu dengan makanan yang kamu miliki.

33. Bagi orang kaya aku berwarna biru, bagi orang miskin aku berwarna merah. Bagi beruang aku panas, tapi bagi katak aku dingin. Apakah aku?
Jawaban : Darah

34. Apa yang memiliki 2 akhir tapi tak memiliki awalan?
Jawaban : Seutas tali

35. Kamu baru saja membeli rumah satu lantai berusia 100 tahun dengan lantainya yang menggunakan kayu jati. Temanmu datang untuk melihat dan begitu kagum karena tangga rumahmu terbuat dari?
Jawaban : Tidak ada tangga di rumah satu lantai.

36. Ia sangat rapuh. Bahkan jika kamu menyebut namanya saja, kamu dapat memecahkannya. Apakah dia itu?
Jawaban : Kesunyian

37. Bangunan apa yang menyimpan paling banyak cerita di dunia?
Jawaban : Perpustakaan

38. Apa yang dapat kamu simpan dan jaga sekalipun sudah kamu berikan pada orang lain?
Jawaban : Kata-katamu

39. Apa yang memiliki bau tak sedap saat hidup tapi berbau sedap ketika sudah mati?
Jawaban : Daging babi

40. Seorang dokter berkata bahwa Bill adalah saudara laki-lakinya. Tapi Bill berkata ia tidak memiliki saudara laki-laki. Jadi siapayang berbohong?
Jawaban : Tidak ada. Karena dokter itu adalah saudara perempuan Bill.

41. Semakin banyak ia ada di sana, semakin sedikit yang bisa kamu lihat. Apakah ia?
Jawaban : Kegelapan

42. Kamu tersesat di hutan dengan jalan yang bercabang 2, ke kanan dan ke kiri. Satu jalur akan membawamu keluar dengan selamat, sedang jalur yang lain akan membuatmu tersesat selamanya. Di persimpangan itu, ada 2 orang kakak beradik yang tahu mana jalan yang bisa membawamu keluar dengan selamat. Tapi kedua kakak beradik itu memiliki penampakan fisik yang sangat mirip hingga tidak bisa dibedakan. Masalahnya salah seorang dari kakak beradik itu selalu mengatakan kebohongan, sedang yang lainnya selalu berkata jujur. Kamu hanya memiliki kesempatan untuk bertanya satu kali pada mereka tanpa tahu mana orang yang akan mengatakan kebenaran. Pertanyaan apa yang akan kamu lontarkan pada mereka hingga kamu bisa mengetahui jalur mana yang harus kamu ambil agar bisa keluar dengan selamat?
Jawaban : Tanyakan pada salah satu dari kakak beradik itu jalur mana yang akan saudara mereka katakan padamu untuk diambil. Misalnya saja jalur yang benar adalah jalur kiri. Orang yang selalu berbohong tahu bahwa saudaranya selalu berkata jujur, tapi karena ia selalu berbohong maka ia akan berkata jalur kanan yang benar. Sedangkan orang yang selalu jujur, tahu bahwa saudaranya yang selalu berbohong itu akan mengatakan padamu bahwa jalur kanan yang benar, dan karena ia selalu jujur maka ia akan mengatakan hal ini kepadamu. Jadi, kamu harus mengambil jalur yang berlawanan dengan apa yang mereka katakan, tak peduli siapa yang mengatakan hal itu.

43. Seperti batu dalam pohon, aku membantu kata-katamu hidup lebih lama dari kamu. Tapi jika kamu terus menekanku, semakin banyak aku bergerak, aku akan semakin berkurang.
Jawaban : Sebatang pensil

44. Putar aku ke samping, maka aku segalanya. Potong aku di bagian tengah, maka aku tak memiliki arti apa-apa. Apakah aku?
Jawaban : Angka 8. Jika diputar ke samping, maka angka 8 akan membentuk simbol infinity tapi jika kamu memotongnya di tengah, ia akan menjadi 2 angka 0 yang tak memiliki arti.

45. Apa yang melompat ketika berjalan dan duduk ketika ia berdiri?
Jawaban : Kanguru

46. Saat ini sudah malam dan gelap. Sebuah grup berisi 4 orang datang ke sungai hanya dengan sebuah obor. Satu-satunya cara untuk menyeberangi sungai hanyalah dengan menyeberang di sebuah jembatan tua yang hanya dapat menahan bobot 2 orang diwaktu yang bersamaan. Dan siapapun yang menyeberang membutuhkan obor agar dapat menyeberang dengan selamat. Alison dapat menyeberanginya dalam 1 menit, Brian 2 menit, Carol 5 menit, dan Dave membutuhkan waktu paling lama yaitu 8 menit. Ketika 2 orang menyeberang bersama, mereka hanya bisa mengikuti langkah orang yang lebih lambat. Semua orang harus sudah menyeberang dalam jangka waktu 15 menit. Bagaimana mereka dapat memenuhi jangka waktu itu?
Jawaban : Alison dan Brian menyeberang bersama. Mereka membutuhkan waktu 2 menit. Alison kemudian kembali dengan membawa obor dan memakan waktu 1 menit. Carol dan Dave kemudian menyeberang bersama. Mereka membutuhkan waktu 8 menit. Brian kemudian kembali dengan membawa obor dan memakan waktu 2 menit. Akhirnya Alison dan Brian menyeberang kembali bersama-sama dan memakan waktu 2 menit. Keseluruhan waktu yang dihabiskan tepat 15 menit.

47. Seorang pria ditemukan tak bernyawa di kantornya. Ia dibunuh. Ada 5 orang yang menjadi tersangka, yaitu Peter, Julie, Jason, Molly, Brian. Di kantor itu ada kalender dengan angka 6, 4, 9, 10, 11 tertulis dengan darah. Siapa pembunuhnya?
Jawaban : Jason. Deretan angka tersebut mengindikasikan urutan bulan dengan huruf depan dari masing-masing bulan merupakan susunan dari nama pelaku. 6 = Juni = J; 4 = April = A; 9 = September = S; 10 = Oktober = O; dan 11 = November = N.

48. Seorang wanita sedang duduk di kamar hotelnya ketika ia mendengar sebuah ketukan. Ia membuka pintu dan melihat seorang pria yang sama sekali tidak ia kenal berdiri di sana. Pria itu berkata, “Oh maaf, aku membuat kesalahan, aku kira ini kamarku.” Pria itu kemudian turun ke bawah dengan lift. Wanita itu segera kembali ke kamarnya dan menelepon petugas keamanan. Kenapa wanita itu mencurigai pria tadi?
Jawaban : Karena kamu tidak perlu mengetuk pintu kamarmu sendiri, tapi pria tadi melakukannya.

49. Kamu akan selalu menemukanku di masa lalu. Aku dapat dibuat di masa sekarang, tapi masa depan tak pernah bisa menyentuhku. Apakah aku?
Jawaban : Sejarah

50. Aku adalah nama buah dalam bahasa Inggris. Jika kamu mengambil satu huruf dariku, aku akan berubah menjadi sebuah kejahatan. Jika kamu mengambil 2 hurufku aku akan berubah menjadi hewan. Jika kamu mengambil huruf pertama dan terakhirku, aku akan menjadi bagian dari musik. Apakah aku?
Jawaban : Grape – Rape – Ape – Rap

51. Aku terdiri dari 4 huruf yang mengubah seorang gadis menjadi wanita dewasa. Apakah aku?
Jawaban : Usia

Baca Juga : Teka Teki Lucu dan jawabannya

Demikianlah teki-teki asah otak yang sudah kami rangkum. Bagi kamu yang bisa memecahkannya, kamu boleh berbangga. Tapi bagi yang belum bisa, jangan berkecil hati. Teka-teki ini sifatnya menghibur dan siapa tahu bisa juga digunakan untuk membuatmu terbiasa menerapkan cari berpikir kreatif dalam memecahkan semua persoalan yang ada. Semoga bermanfaat.

Erika P.

Belum ada Komentar untuk "Teka-Teki Asah Otak dan jawabannya mainkan Logika anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel