Pacar Ngambek? ini penyebab dan 10 cara mengatasi gebetan sebelum marah besar

Ngambek - Dalam sebuah hubungan, konflik adalah hal yang tak bisa dihindari. Sayangnya tidak semua orang dapat mengatasi kondisi ini dengan kepala dingin. Salah satunya mungkin adalah pacar kamu.Tak dapat dipungkiri jika wanita cukup sensitif dibanding pria dalam hal semacam ini sehingga sering kali ia marah atau ngambek dengan alasan yang mungkin kurang bisa dipahami. Ketidakpekaan pria kadang juga makin memperburuk keadaan hingga membuat emosi wanita makin terpancing.
Ngambek
via observer.com

Penyebab pacar ngambek


Seperti kita ketahui bersama jika ngambek adalah salah satu sikap yang dimiliki seorang anak kecil. Jika kamu menanggapi sikap pacarmu yang ngambeknya itu, ia hanya akan semakin besar kepala dan akan mengulangi apa yang telah ia lakukan itu.

Ingatkah kamu akan sikap yang ditampilkan anak kecil yang sedang minta sebuah mainan tapi tidak dibelikan oleh orang tuanya?

Mereka pasti akan ngambek dan menangis sejadi-jadinya agar permintaannya itu dituruti. Kebanyakan orang tua yang tidak ingin anaknya rewel seperti itu pun pada akhirnya menyerah dan membelikannya juga. Pikiran inilah yang kemudian terbentuk di kepala si anak untuk melakukannya lagi nanti jika orang tua mereka tidak menuruti keinginan mereka.

Ciri ciri 


Pacar yang suka membesar-besarkan konflik dan suka ngambek akibat semua tidak berjalan sesuai keinginannya pun menjadi suatu masalah tersendiri. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak sadar bahwa seharusnya mereka tidak boleh bersikap begitu, tak peduli apapun alasannya.

Mempertahankan hubungan dengan pacar yang suka ngambek memang tak mudah, namun bukan berarti tak bisa dihadapi. Cinta memang harus menerima seseorang apa adanya, tapi untuk mempertahankan sebuah hubungan dibutuhkan lebih dari perasaan itu. Saling menasehati, mengalah, dan memperbaiki diri juga bagian dari proses mempertahankan sebuah hubungan yang nantinya pasti ingin berakhir ke pernikahan.

Apakah kamu siap menghabiskan sisa hidupmu dengan orang yang egois yang selalu marah dan ngambek tanpa mempedulikan perasaanmu?

Cara mengatasi gebetan pacar cewek atau cowok ngambek


Bagi kamu yang memiliki pacar yang hobi ngambek, berikut kami tampilkan beberapa solusi yang mungkin bisa membantu.

1. Tetap hadapi dengan sikap tenang


Saat pacarmu mulai emosi, entah apapun alasannya, kamu harus bisa menahan emosimu, jangan malah ikut terbawa dan akhirnya sama-sama emosi. Ini tentu akan berdampak buruk bagi hubunganmu. Penting untuk tetap menjaga ketenanganmu dan dengarkan apa yang ia katakan. Setelah semua usai, barulah kamu bisa mulai berbicara, mengungkapkan pandanganmu dengan nada yang halus sambil memegang tangannya. Tunjukkan rasa sayangmu padanya!

2. Berikan sedikit waktu jeda


Jika pacarmu marah dan tak ingin bertemu denganmu dulu, tak apa untuk mengikuti keinginannya itu. Mungkin ia memang sedang membutuhkan waktu untuk menyendiri dan mendinginkan pikirannya. Tapi jangan sampai di masa jeda itu dia malah makin merasa tak dipedulikan olehmu. Untuk mencegah makin memburuknya hubungan kalian, tak ada salahnya jika sesekali kamu tetap menanyakan keadaannya, kemudian mengajaknya untuk bertemu dan membicarakan masalah yang membuatnya marah untuk mencari solusi bersama.

Baca juga : Perbedaan Rindu dan Kangen

3. Berikan penjelasan


Ketika pacarmu marah karena alasan perselingkuhan, kurang perhatian, atau lainnya, maka sebaiknya kamu memberikan penjelasan sedetail-detailnya tentang posisimu. Apa yang kamu alami hingga dia bisa merasa begitu. Terkadang karena sikapmu yang kurang terbuka lah yang menjadikan sumber salah paham dalam hubunganmu. Coba tunjukkan bahwa berita itu tidak benar dan katakanlah secara baik-baik. Jangan lupa untuk selalu berbicara dengan nada yang halus hingga ledakan emosi bisa ikut dinetralisir.

4. Diskusikan dengan kepala dingin


Buatlah janji untuk mendiskusikan apa yang melatarbelakangi amarahnya. Ini adalah cara terbaik yang harus dilakukan agar masalah kalian tidak berlarut-larut dan malah menimbulkan kesalahpahaman yang lebih parah. Pastikan bahwa kamu bisa berpikir dengan jernih untuk menyelesaikan masalah tersebut dan tidak terpancing dengan emosi pacarmu yang mungkin masih meledak.

5. Jangan ragu untuk minta maaf padanya


Jika pacarmu marah akibat kesalahanmu, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah minta maaf secara tulus dan jujur kepadanya. Tak perlu membela diri jika memang jelas-jelas itu kesalahanmu. Setelahnya, berjanjilah untuk tak mengulanginya lagi karena biasanya kesalahan yang terulang akan makin memperburuk suatu hubungan. Kamu juga perlu membicarakannya secara tuntas hingga tidak ada masalah yang tersisa. Karena apapun masalahnya, wanita selalu ingin semuanya bisa segera selesai tanpa memakan banyak waktu yang justru malah makin menyiksanya. Oleh karenanya, penting untuk menyelesaikan apapun masalah yang kalian hadapi karena itu juga bisa membuat cinta kalian terjalin makin kuat.

6. Meredakannya dengan sebuah perhatian


Walaupun pacarmu sedang marah dan menghindar hingga tak ingin bertemu, jangan ikut menjauh darinya. Sebaliknya, berikan ia perhatian yang lebih hingga ia merasa diperhatikan dan ingin mencurahkan apa yang menyebabkannya marah-marah.

7. Mengatasinya dengan hal-hal romantis


Jika pacarmu marah, biarkanlah dulu beberapa saat hingga sedikit mereda. Setelahnya, kamu bisa memberikan kejutan romantis padanya, mengajaknya ke pantai, ke tempat-tempat indah yang membuat kemarahannya mereda atau bahkan hilang dengan sendirinya. Jangan salah, hal-hal yang romantis diperlukan juga untuk menghidupkan kembali api-api cinta yang mungkin sedikit meredup.

Baca juga : Cara menghadapi cowok gombal

8. Lontarkan rayuan gombal


Mungkin suatu waktu pacarmu marah besar karena kamu lupa akan janji yang telah kamu buat. Untuk menghadapinya kamu bisa mengeluarkan rayuan mautmu untuk meredakan kemarahannya. Tapi tentu saja jangan sampai berlebihan hingga kamu dicap sebagai penggombal. Kamu harus memilih baik-baik gombalan macam apa yang bisa kamu sampaikan padanya. Sebaiknya gombalan itu adalah sesuatu yang sesuai dengan maksudmu hingga tidak sekedar berakhir menjadi gombalan tak bermakna.

9. Dengan menceritakan apa yang kamu rasakan


Ketika pacarmu marah karena ulahmu atau orang lain, coba untuk lebih terbuka menceritakan apa yang tengah kamu alami dan rasakan padanya. Dengan begitu, ia tidak hanya melihat semua dari sudut pandangnya, tapi juga bisa menempatkan diri di posisimu.Ini akan mengurangi salah pahamnya dan akan membuat amarahnya reda secara tak langsung ketika mengetahui betapa beratnya posisi yang kamu tempati.

10. Dengan sebuah kejujuran


Ini adalah langkah terakhir yang bisa kamu lakukan. Dengan bersikap jujur, kamu akan bisa mengatasi amarah pacarmu. Jujur saja kalau kamu akan tetap setia walaupun harus mendengarkan kemarahan pacarmu itu. Ia pun lama-lama akan luluh sendiri dan sadar bahwa apa yang ia lakukan tidaklah baik karena bisa mengancam hubungan kalian.

Demikianlah serangkaian solusi yang bisa kamu terapkan untuk pacarmu yang suka ngambek. Konflik adalah hal yang wajar dalam setiap hubungan. Tapi bagaimana caramu menyelesaikannya lah yang akan menjadi pembeda. Jangan ragu untuk minta maaf jika kamu salah, tapi jangan ragu pula untuk memberi nasehat jika pacarmu sudah dalam batas keterlaluan.

Hubungan percintaan tidak akan bisa berjalan jika hanya 1 orang yang berusaha. Oleh karenanya, dibutuhkan usaha kalian berdua untuk terus memperbaiki diri demi terciptanya hubungan yang tak lekang dimakan waktu. 

Semoga bermanfaat!

Erika P

Belum ada Komentar untuk "Pacar Ngambek? ini penyebab dan 10 cara mengatasi gebetan sebelum marah besar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel