13 Perbedaan Sifat Perempuan dan Laki-Laki

Pada hakikatnya, perempuan dan laki-laki sangatlah berbeda. Tidak hanya secara penampakan fisik, namun juga sifat dan karakternya. Perbedaan sifat perempuan dan laki-laki yang kadang tidak kita sadari ini tak jarang menjadi pemicu masalah dalam sebuah hubungan.

Perbedaan Sifat Perempuan dan Laki-Laki

 Perbedaan Sifat Perempuan dan Laki-Laki
via lovetoknow.com


Bagi kamu yang ingin lebih tahu apa saja perbedaan sifat antara perempuan dan laki-laki, berikut kami jabarkan sedikit perbedaan di antara keduanya.

1. Perbedaan sifat yang sangat mencolok di antara kedua jenis kelamin ini adalah tentang perasaan. 

Perempuan sangat sensitif dengan perasaannya, sedangkan laki-laki lebih mengandalkan pikiran logisnya. Perbedaan ini adalah hal utama yang sering kali dilupakan ketika sedang berselisih paham dalam sebuah hubungan. Terkadang laki-laki mengatakan hal-hal yang sebenarnya logis, tapi terdengar menyakitkan hingga membuat perempuan menangis misal. Harus disadari jika perempuan mengelola segala hal melalui perasaannya, sehingga ketika ada sesuatu yang menghancurkan perasaannya itu, ia tidak akan mampu menahan semua dan tangisan lah yang sering menjadi media penyalur sakit hatinya. Laki-laki yang lebih mengandalkan logikanya sering kali tidak memahami sifat bawaan perempuan yang seperti ini sehingga sekalipun yang ia ucapkan adalah fakta, ia seharusnya tetap mempertimbangkan pemilihan kata yang tepat hingga tidak menimbulkan kesan tak berperasaan di mata perempuan.

2. 80% keputusan yang diambil perempuan didasarkan pada emosinya, sedangkan 80% keputusan laki-laki didasarkan pada logikanya. 

Hal ini berkaitan erat dengan sifat alami perempuan pada poin 1 tadi. Dengan perasaan yang sensitif, pengambilan keputusan yang dilakukan perempuan tentu sangat dipengaruhi oleh apa yang ia rasakan. Sedang laki-laki yang lebih menitikberatkan semua pada logika, tidak akan terlalu ambil pusing tentang apa yang ia rasakan selama hal itu masih bisa ditoleransi oleh pikirannya.

3. Perempuan memiliki kemampuan untuk mendengarkan lebih baik dibanding laki-laki. Kemampuan 

pendekatan emosional yang dimiliki perempuan membuatnya cenderung menjadi pendengar yang lebih baik. Tidak selalu demikian memang, tapi kemampuannya untuk menempatkan diri di posisi orang yang bercerita membuatnya lebih bisa mengerti apa yang dialami lawan bicaranya.

4. Perempuan lebih sering menggunakan otak kanannya. 

Hal inilah yang membuat perempuan lebih mampu melihat suatu kondisi dari berbagai sudut pandang dan menarik kesimpulan darinya. Otak perempuan lebih bisa mengaitkan memori dengan keadaan sosial sehingga ia lebih mengandalkan perasaannya dalam menghadapi berbagai situasi dalam hidupnya. Berbeda dengan laki-laki yang lebih menggunakan otak kirinya sehingga ia pun lebih mengandalkan pemikiran logis dalam menghadapi persoalan hidupnya.

5. Secara umum, perempuan lebih banyak bicara dibanding laki-laki. 

Hal ini tampak dari perasaan lega yang baru akan dirasakan wanita jika emosi yang dirasakannya bisa diungkapkannya secara jelas. Berbeda dengan laki-laki yang cenderung menyendiri untuk memikirkan cara terbaik mengatasi masalah yang tengah dihadapinya. Itulah mengapa ketika menghadapi suatu masalah, perempuan akan cenderung mencari tempat untuk curhat untuk melepaskan beban yang dirasakannya.

6. Perempuan berbicara secara tak langsung, sedang laki-laki berbicara langsung. 

Kebanyakan wanita mengalami kesulitan untuk mengungkapkan apa yang sebenarnya ia rasakan, entah gengsi atau mungkin merasa tidak enak. Perempuan sering ingin mengatakan iya, tapi karena malu akhirnya ia mengatakan tidak. Berbeda dengan laki-laki yang cenderung berbicara apa adanya. Jika iya ya iya, jika tidak ya tidak.

7. Ketika masa kanak-kanak, anak perempuan lebih menyukai orang, sedang anak laki-laki lebih menyukai benda. 

Maksudnya adalah jika sudah bermain, anak laki-laki tak peduli pada orang di sekitarnya. Ia tak peduli apakah ibunya masih setia menunggu mereka atau tidak. Berbeda dengan anak perempuan yang akan tetap mengawasi orang di sekitarnya, mengawasi apakah ibunya masih ada di tempat yang sama untuk menunggunya atau tidak. Jika tidak, ia akan panik lalu mencari ibunya untuk kemudian memintanya kembali menunggunya.

8. Laki-laki sangat ingin merasa dibutuhkan dan diandalkan.

Laki-laki akan merasa kehadirannya bermanfaat ketika orang lain membutuhkan dan mengandalkannya dalam berbagai hal, apalagi jika yang membutuhkannya adalah orang-orang yang berarti besar dalam hidupnya.

9. Anak laki-laki cenderung lebih suka bersaing, sedang anak perempuan lebih suka bekerja sama. 

Hal ini tidak mutlak, tapi perasaan tidak ingin kalah dan merasa dibutuhkan membuat laki-laki lebih menyukai persaingan untuk menunjukkan eksistensinya. Sedang perempuan cederung tidak peduli pada persaingan karena menurutnya kerja sama adalah cara terbaik untuk menang bersama-sama.

10. Perempuan lebih senang memiliki kedekatan emosional yang stabil dan konsisten. 

Berbeda dengan laki-laki yang lebih fluktuatif. Dalam sebuah hubungan, perempuan tidak terlalu suka pada banyaknya gejolak yang timbul. Ia akan merasa lebih nyaman jika semuanya stabil hingga bisa memberinya perasaan aman. Sedang laki-Iaki malah sebaliknya, ia akan mendekat, menarik diri, lalu mendekat lagi. Laki-laki seperti membutuhkan tantangan untuk menghindari kemonotonan yang bisa berujung pada kebosanan.

11. Kebutuhan emosional perempuan lebih menitikberatkan pada perhatian, pengertian, dan penghargaan. Sedang laki-laki menitikberatkan pada perhatian, kebebasan, dan kepercayaan.

 Hal inilah yang sering kali membuat perempuan merasa bahwa pacarnya lebih peduli pada hobi dan teman-temannya dibanding dengan dirinya, padahal bukan itu maksudnya. Laki-laki hanya ingin bebas melakukan yang ia suka dengan mendapat kepercayaan penuh dari pasangannya.

12. Laki-laki menyukai hal-hal yang bersifat praktis, sedang perempuan lebih ingin sesempurna mungkin sekalipun ribet. 

Contohnya adalah ketika perempuan berusaha berdandan secantik mungkin untuk sebuah acara kencan di bioskop, tapi di lain pihak, sang laki-laki malah marah-marah padanya karena waktu berjam-jam yang dibutuhkan perempuan untuk berdandan membuat mereka telat menonton film. Sebagai perempuan tentu akan kesal karena pacarnya itu seakan tidak menghargai usahanya untuk tampil sesempurna mungkin. Tapi bagi laki-laki, ia tak habis pikir kenapa perempuan membutuhkan waktu begitu lama untuk bersiap-siap ketika baginya pacarnya itu sudah tampak cantik tanpa perlu banyak usaha di depan cermin.

13. Laki-laki melihat segala sesuatu dari sisi yang mudah.

 Ini disebabkan karena laki-laki tidak memiliki hubungan yang baik dengan berbagai hal yang melibatkan perasaan, emosi, atau curahan hati. Maka tak jarang kita mendengar perempuan yang mengeluh bahwa laki-laki tidak peka. Kondisi ini dipicu oleh otak laki-laki yang tidak didesain untuk terhubung dengan perasaan atau emosi. Laki-laki juga jarang menganalisa perasaannya dibanding perempuan, membuat mereka jarang sekali melibatkan perasaan dalam pengambilan keputusan.

Baca : Arti Rindu

Demikianlah 13 perbedaan sifat perempuan dan laki-laki yang berhasil kami rangkum. Bagaimana? Menarik bukan? Semoga apa yang tertulis di atas dapat menambah wawasanmu dan membuatmu lebih memahami bagaimana memperlakukan pasanganmu dengan berbagai sifat alami yang ia miliki. Semoga artikel ini juga dapat mengurangi pertengkaran yang sering terjadi dalam hubungan yang sedang kamu jalin akibat ketidaktahuan cara pasanganmu bereaksi terhadap situasi yang tengah kalian dihadapi. Semoga bermanfaat!

Erika P
Gombalanmaut.com

Belum ada Komentar untuk "13 Perbedaan Sifat Perempuan dan Laki-Laki"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel