Rindu atau Kengen itu beda nasib ? ini makna dan artinya

Rindu atau Kangen - Pernahkah Anda merasa rindu pada seseorang? Rindu adalah sesuatu yang tidak bisa dilihat namun dapat dirasakan secara nyata di hati kita hingga kadang terasa menyiksa. Saat kita merasakannya, pernahkah kita bertanya apa pengertian dari rindu? Apakah yang kita rasakan itu benar-benar ungkapan rindu? Jenis rindu macam apa yang tengah kita alami?
Rindu atau Kengen
via lovethispic.com

Untuk kamu yang penasaran mengenai hal-hal seputar kata “rindu”, kami sudah menyiapkan sedikitulasan mengenai apa itu pengertian rindu, apa saja jenis-jenis rindu, dan apa yang membedakan kata “rindu” dan “kangen”. Berikut ulasan lengkapnya.

Pengertian Rindu


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian rindu adalah sangat ingin dan berharap benar terhadap sesuatu; memiliki keinginan kuat untuk bertemu.
Secara umum, rindu dapat diartikan sebagai perasaan sangat menginginkan sesuatu, misal bertemu, ingin melihat, atau mendengar objek yang dipuja.

Jenis-Jenis Rindu


Rindu memang bukan perasaan yang sederhana, oleh karenanya rindu masih bisa digolongkan menjadi beberapa jenis, antara lain:

  1. Rindu hakiki, artinya sebenar-benarnya rindu, rindu kepada Tuhan, kerinduan makhluk ciptaan terhadap Penciptanya.
  2. Rindu asmara, artinya rindu yang terasa menggebu-gebu. Rindu jenis ini dapat dirasakan ketika seseorang sedang jatuh cinta, kemana-mana bersama dan tidak mau berpisah. Seperti ungkapan sehari tanpamu serasa setahun.
  3. Rindu palsu, artinya rindu yang hanya dibuat-buat. Rindu ini hanya digunakan untuk mengelabuhi atau menggoda seseorang. Rindu yang hanya terucap di bibir tapi tidak terasa di hati.
  4. Rindu kelinci, artinya rindu yang sering berubah-ubah. Rindu ini dirasakan ketika seseorang sedang dalam keadaan sibuk. Sesekali ketika ia ingat, ia baru akan merasa rindu.
  5. Rindu madu, artinya rindu yang akan terasa sangat manis jika bertemu. Rindu ini dirasakan ketika seseorang sangat menginginkan sesuatu yang akan datang yang terpisah dalam tempo lama, namun kejadiannya sangat jarang sekali terjadi.
  6. Rindu sangat, artinya rindu setengah mati. Rindu jenis ini biasanya melanda kaum muda hingga sampai histeris, menangIs, dan tak bisa menahan gejolak yang dirasakannya. Rindu ini biasanya dirasakan fans pada idolanya.
  7. Rindu buta, artinya rindu yang tak diinginkan kehadirannya. Rindu jenis ini bisa membuatmu sakit kepala karena datang tiba-tiba secara tak terduga.
  8. Rindu bulan, artinya rindu yang tak kesampaian. 
  9. Rindu fantasi, artinya yang dirindukan adalah gambaran atau kenangan tertentu. Rindu ini terasa saat seseorang mengenang masa lalu atau membayangkan masa depan.
  10. Rindu puncak, artinya rindu yang terlampiaskan. Rindu jenis ini biasanya hadir saat seseorang sedang merasa jengkel dan akan menimbulkan efek terlampiaskan.

Baca juga : Gombalan buat Pacar

Perbedaan Rindu dan Kangen


Kita sering mengartikan rindu dan kangen sebagai perasaan yang sama. Sekilas memang sama, namun ternyata kedua kata tersebut memiliki perbedaan, khusunya dalam penggunaannya. Agar dapat digunakan secara tepat, mari kita simak penjelasannya agar tidak salah menggunakan kedua kata ini sesuai momen yang tengah terjadi.

1. Rindu itu sifatnya situasional


misalnya seperti ketika di pantai lalu melihat pemandangan sunset atau sunrise yang bikin baper. Kalau kangen bisa kapan saja tanpa perlu ada momen khusus.
Kata rindu dan kangen memiliki perbedaan yang dapat ditemukan sesuai dengan momen yang mengiringinya. Kalau kamu coba pikirkan lebih dalam, rindu itu digunakan dalam situasi yang mendukung. Misal kamu lihat sunset atau baru jalan-jalan di pinggir pantai dan teringat sama pasanganmu. Untuk mengungkapkan apa yang kamu rasakan saat itu pasti kata-katanya, “Sayang, aku rindu kamu”. Momennya adalah momen yang jarang kamu alami tapi ungkapan yang timbul benar-benar dari dalam hati.
Sedang kalau kangen gak peduli apapun situasinya kamu bisa menggunakannya. Kata “kangen” biasa digunakan saat kamu teringat sama pasanganmu ketika sedang mengerjakan aktvitas sehari-hari tanpa bergantung pada momen tertentu. Misal waktu kamu lagi ngetik, makan, baca buku, dengerin lagu. Di saat itu kalimat yang muncul pasti, “Aku kangen sama kamu deh”.

2. Rindu digunakan ketika kamu lagi mau terlihat sok puitis ke dia, sedang kangen bisa digunakan sekalipun saat ngobrol santai.


Selain situasional, kata rindu erat kaitannya dengan kalimat puitis yang dirangkai para pujangga. Kata ini biasa dipakai saat kamu ingin menyatakan apa yang kamu rasakan secara lebih puitis karena kata ini memiliki kesan yang lebih romantis. Dengan menggunakan kata rindu, kamu akan terlihat lebih dewasa dalam menyikapi perasaanmu dan memiliki tujuan yang jelas untuk masa depan kalian nantinya. Oleh karenanya, kata “rindu” tidak semudah itu untuk diucapkan karena mengandung arti yang lebih dalam. Berbeda dengan kata “kangen” yang sekalipun pengertiannya sama saja tapi terkesan seperti ucapan biasa yang mewarnai obrolan kalian.

3. Kamu akan mengucapkan kata “rindu” hanya pada pasanganmu, sedang “kangen” bisa diucapkan kepada siapa saja.


Bisa dikatakan bahwa kata rindu memiliki nilai yang setingkat lebih tinggi dibanding kangen. Inilah yang menyebabkan kata rindu tidak bisa sembarangan diucapkan atau dikhususkan untuk pasangan kita saja. Sedangkan “kangen” bisa diungkapkan pada siapa saja, misal keluarga, sahabat, atau teman.
Rindu bisa dikatakan perasaan terdalam yang dirasakan manusia. Itulah mengapa kata ini cuma bisa diungkapkan kepada orang tertentu saja, sedang kangen yang terkesan santai seakan hanya sebuah kata dalam rangkaian obrolan biasa.

Baca juga : Kata Kata Menyentuh Hati

4. Kata “rindu” kamu pilih saat ingin mengungkapkan perasaan cintamu secara tulus dan sungguh-sungguh.


Tak peduli seperti apa hubungan yang tengah kalian jalani, ketika kamu ingin mengungkapkan perasaan yang tulus dan jujur padanya, maka kamu akan memilih kata rindu. Pemilihan kata ini sebagai wujud usaha untuk meyakinkan pasangan kita akan perasaan yang kita miliki. Ketika mengatakan kata ini pasti kamu lagi seius banget dan gak pengen kelihatan main-main di depan dia. Sedangkan kangen bisa saja terlontar dalam berbagai situasi tanpa perlu menunjukkan keseriusan di sana.

5. Jika bilang rindu, tak masalah jika tak bertemu. Tapi kalau kangen, itu harus banget bertemu muka.


Karena rindu adalah perasaan yang tulus, maka tak masalah jika tidak bertemu. Di kata “rindu” yang kamu ucapkan, tebersit pengertian kalau kamu lebih mementingkan perasaan yang selalu terjaga dibanding intensitas bertatap muka. Kamu selalu percaya bahwa akan ada saat yang tepat bagi kalian untuk bertemu sekalipun bukan sekarang.
Ini berbeda dengan kata “kangen” yang menandakan keharusan adanya pertemuan. Jika tidak
terealisasi sangat dimungkinkan akan ada drama dalam hubungan kalian.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian rindu dan hal-hal lain yang berhubungan dengannya. Menarik bukan? Semoga artikel ini bisa menambah wawasanmu mengenai apa itu rindu dan jenis-jenis rindu. Semoga saja juga bisa membantumu menentukan kata apa yang lebih tepat digunakan untuk mengungkapkan perasaanmu pada orang-orang yang berarti dalam hidupmu.

Erika P
Gombalanmaut.com

Belum ada Komentar untuk "Rindu atau Kengen itu beda nasib ? ini makna dan artinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel