Tebak tebakan Mengasah Otak lucu bikin ngakak Kalau Gak Tahu

Siapa yang suka tebak tebakan? Permainan ini memang sudah tak asing lagi bagi kita. Kita sering menggunakan tebak-tebakan untuk menguji teman kita, mengerjainya, atau hanya untuk menghibur diri kita sendiri. Selain memiliki fungsi sebagai media hiburan, tebak-tebakan juga dapat digunakan untuk mengasah otak lho. Bagaimana tidak? Kamu akan dipaksa memikirkan jawaban logis tapi juga kreatif untuk memecahkannya.

Bagi kamu yang suka tebak-tebakan, berikut kami tampilkan sekumpulan tebak-tebakan mengasah otak yang bisa juga kamu gunakan untuk memamerkan kemampuan pada teman-temanmu.

1. Opor apa yang cuma datang sekali?
Jawaban : Oportunity

2. Sebutkan persamaan antara jomblo dan martabak!
Jawaban : Sama-sama dikacangin

3. Apa jadinya kalau teletubbies bangun kesiangan?
Jawaban : Telatabies

4. Apa makanan yang cuma boleh ambil satu?
Jawaban : Tekwan kalau ambil 2 jadi tektwo.

5. Kata apa yang memiliki 26 huruf tapi hanya terdiri atas 3 suku kata?
Jawaban : Alfabet

6. Aku dapat membawa senyuman di bibirmu, tangisan di matamu, atau bahkan pikiran di otakmu, tapi kamu tak bisa melihatku. Apakah aku?
Jawaban : Memori

7. Ketika memulai aku kering, ketika keluar aku basah. Ketika memulai aku ringan, ketika keluar aku berat. Apakah aku?
Jawaban : Teh celup

8. Seorang pria ditemukan tak bernyawa di sebuah lapangan. Tak ada apapun di sekelilingnya dan tidak ada jejak kaki di sana. Yang ada hanyalah sebuah paket tertutup tergeletak di sampingnya. Bagaimana ia bisa mati?
Petunjuk : Ketika ia mendekati lapangan itu ia tahu ia akan mati.
Jawaban : Parasutnya gagal terbuka.

9. Aku dapat berpergian dari sana ke sini dengan menghilang. Tapi sebaliknya jika aku pergi dari sini ke sana aku akan muncul kembali. Apakah aku?
Jawaban : Huruf “a”
Tebak tebakan Mengasah Otak  lucu
Image By Tenor.com

10. 2 orang tahanan dikunci dalam sebuah sel. Di sana hanya ada sebuah jendela yang letaknya sangat tinggi. Sekalipun mereka naik ke atas tempat tidur ataupun naik ke atas pundak satu sama lain, mereka tetap tidak bisa menjangkaunya. Mereka akhirnya memutuskan membuat terowongan untuk melarikan diri. Tapi tak lama, mereka menyerah karena waktu yang dibutuhkan untuk membuatnya akan sangat lama. Akhirnya salah satu tahanan menemukan bagaimana cara untuk kabur dari sel itu. Apa rencana tahanan itu?
Jawaban : Mereka akan menggali terowongan lalu menumpuk tanah hasil galiannya untuk memanjat jendela dan melarikan diri.

11. Sepasang suami istri sedang berjalan menuju rumah mereka setelah berbelanja banyak barang di mall. Sang suami mulai mengeluhkan barang bawaannya yang berat. Sang istri melihat ke arah suaminya dan berkata, “Aku tidak tahu apa yang kamu keluhkan karena jika kamu memberiku 1 plastik lagi aku akan membawa 2 kali lebih banyak dari milikmu. Tapi jika aku memberimu 1 plastik milikku, jumlah bawaan kita akan sama.” Berapa banyak plastik yang suami istri itu bawa?
Jawaban : Sang istri membawa 7 plastik sedang suaminya membawa 5 plastik.

12. Ada seekor sapi yang menghadap ke barat daya. Ekornya menghadap ke mana?
Jawaban : Ke bawah

13. Kotak apa yang dibuat dari rumput?
Jawaban : Kotak penalti

14. Apa penyebab utama adanya perceraian?
Jawaban : Perkawinan karena jika tidak menikah orang tidak akan bercerai.

15. Jenis burung apa yang seharusnya tidak bisa dilihat dengan mata telanjang?
Jawaban : Burung hantu

16. Apa persamaan antara ulat dan artis?
Jawaban : Keduanya sama-sama naik daun.

17. Benda apa yang membuat gembira jika pecah?
Jawaban : Celengan

18. Apa yang tidak punya nyawa tapi bisa hidup, tidak punya ajal tapi bisa mati?
Jawaban : Lampu

19. Benda apa yang bisa jadi kawan jika kecil tapi jadi lawan jika besar?
Jawaban : Api

20. Ruang apa yang ditakuti orang-orang selain ruang mayat?
Jawaban : Ruangan administrasi

21. Bagaimana cara membuat angka romawi IX (9) menjadi 6?
Jawaban : Dengan menambahkan huruf “S” hingga menjadi SIX = 6.

22. Di depan rumah terdapat 7 ekor burung. Bagaimana caranya agar saya bisa mendapat semua burung dalam waktu 5 detik?
Jawaban : Dengan memotretnya. Pasti dapat 7 burung dan tidak ada yang kabur.

23. Persamaan apa yang dimiliki dokter gigi dan penggali sumur?
Jawaban : Sama-sama menggunakan bor.

24. Kami tidak memiliki jenis kelamin, bukan laki-laki ataupun perempuan. Tapi kami selalu dipanggil ibu. Siapakah kami?
Jawaban : Ibu kota dan ibu jari.

25. Pedang apa yang walaupun tidak disentuh bisa bergerak dan bergoyang?
  Jawaban : Pedang-dut

26. Aku punya 2 mulut. Mulut yang besar aku gunakan sendiri sedang mulut yang kecil digunakan oleh orang lain. Apakah aku ini?
Jawaban : Teko

27. Siapa yang datang tak diundang dan pergi tanpa pamit? (Selain jalangkung)
Jawaban : Maling

28. Apa hewan yang paling miskin di dunia?
Jawaban : Kanguru karena punya kantong tapi tidak punya uang.

29. Hewan apa yang bisa hidup di dua alam dan pintar mencari uang?
Jawaban : Babi ngepet

30. Hewan apa yang dalam bahasa Jawa hanya terdiri dari 2 huruf saja?
Jawaban : Elang (E lan G)

31. Hewan apa yang dalam bahasa Inggris juga hanya terdiri dari 2 huruf?
Jawaban : Panda (P and A)

32. Hewan apa yang namanya hanya terdiri dari 1 huruf?
Jawaban : Gajah (G ajah)

33. Apa yang jika dipotong tidak mengeluarkan darah tapi bisa membuat menangis?
Jawaban : Gaji (potong gaji)

34. Tukang apa yang bisa membangun gedung 10 tingkat dalam waktu 5 menit?
Jawaban : Tukang tipu

35. Aku biasa menggunakan sepatu dan kacamata, tapi tak pernah pakai baju dan celana. Apakah aku?
Jawaban : Kuda

36. Kencan apa yang terasa menyakitkan?
Jawaban : Kencan-tol kawat

37. Angka berapa yang kalau sendirian tidak berarti tapi kalau bersama teman-temannya bisa sangat berharga?
Jawaban : Angka 0. Angka 0 jika sendirian tidak memiliki nilai tapi jika ikut angka lain menjadi
70,700,7000,700000000 dan semakin banyak temannya semakin tinggi nilainya.
38. Angka berapa selain angka 0 yang jika dibagi 2 hasilnya akan 0 juga?
Jawaban : Angka 8. Kalau angka 8 tengahnya dibagi akan menghasilkan 0 sebanyak 2 buah.

39. BUMI ITU BULAT. 9+8=?
Jawaban : 3. Kata kuncinya adalah BUMI ITU BULAT, jadi yang dihitung adalah ada berapa banyak bulatan di angka itu. Angka 9 memiliki 1 bulatan dan angka 8 memiliki 3 bulatan. Jadi totalnya 3 bulatan.

40. Apa huruf ketiga dalam abjad?
Jawaban : J. 1=a, 2=b, 3=j, 4=a, 5=d

41. Saat didekati aku tak punya kepala. Tapi saat ditinggalkan, maka aku memiliki kepala lagi. Siapakah aku?
Jawaban : Kura-kura

42. Aku bisa dilewati oleh ayam, sapi, ikan, kambing, tapi tidak bisa dilewati oleh jarum. Apakah aku?
Jawaban : Kerongkongan

43. Aku adalah negara dengan ibu kota terbanyak. Aku berada di Amerika Latin. Negara apakah aku?
Jawaban : Peru karena ibu kota Peru adalah Lima.

44. Aku adalah sebuah lubang yang bisa membuka dan menutup. Tapi sekalipun aku diisi tiap hari aku tidak pernah penuh. Apakah aku?
Jawaban : Mulut

45. Aku bisa terbang tapi bukan pesawat. Aku bisa menyala tapi bukan lampu. Aku berkelip-kelip tapi bukan bintang. Apakah aku?
Jawaban : Kunang-kunang

46. Ayam apa yang tidak bisa berkokok dipagi hari?
Jawaban : Ayam betina

47. Apa bahasa Jepang dari restoran mahal?
Jawaban : Lukira nasimura

48. Orang mandi biar?
Jawaban : Biar byur biar byur

49. Jambu apa yang termahal di dunia?
Jawaban : Jambu-atan Swiss

50. Buah apa yang namanya hanya terdiri dari 1 huruf dan 1 angka?
Jawaban : D5 (delima)

51. Aku adalah sebuah benda yang tidak akan rusak sekalipun dibanting keras di lantai, tapi aku akan rusak bila dibanting ke air. Apakah aku?
Jawaban : Kertas

52. Kera apa yang tidak mau turun-turun sekalipun sudah dipaksa?
Jawaban : Kera-san

53. Karya apa yang selalu diinjak-injak dan jarang dihargai orang?
Jawaban : Sandal dan sepatu

54. Tukang apa yang akan naik ke atas jika disuruh makan?
Jawaban : Tukang gali sumur

55. Tangga apa yang tidak bisa dinaiki?
Jawaban : Tangga nada

56. Perang apa yang menggunakan senjata berupa lem?
Jawaban : Perang-ko

57. Sebutkan persamaan antara ulangan dan undangan nikah!
Jawaban : Sama-sama bikin panik kalau mendadak.

58. Apa yang dicari oleh orang yang datang bersih tapi pulangnya babak-belur?
Jawaban : Masalah

59. Aku memiliki huruf awal K dan huruf akhir L. Jika ditarik aku keras tapi jika dilepas aku lemas. Apakah aku?
Jawaban : Ketapel

60. Kenapa kendaraan berhenti ketika lampu merah?
Jawaban : Karena direm

61. Kata apa yang jika diucapkan sekali, ia jauh tapi jika diucapkan 2 kali, ia malah dekat?
Jawaban : Langit

62. Apa yang selalu datang tapi tak kunjung sampai?
Jawaban : Besok

63. Aku ada di Indonesia, Cina, Malaysia, Amerika. Tapi aku tidak ada di Jerman. Apakah aku?
Jawaban : Huruf “i”

64. Dalam suatu balapan, Valentino Rossi berhasil menyalip Pedrosa yang ada di posisi 2. Berada di posisi berapakah Valentino Rossi sekarang?
Jawaban : Posisi 2

65. Coba tebak angka berapa yang tepat untuk mengisi titik-titik di bawah :
1=6
2=12
3=24
4=48
5=96
6=...?
Jawaban : 1 kan 1=6 jadi ya 6=1 bukan 192.

66. Ada seorang anak yang baru memiliki akuarium baru dan ia pun membeli ikan seharga 4500. Ia membawa uang 7000. Berapa kembalinya?
Jawaban : 500 karena untuk membayar ikan seharaga 4500 cukup dengan uang 5000 jadi kembaliannya ya 500 bukan 2500.

67. Ina punya 10 apel lalu dibagi 2. Tinggal berapa apel Ina sekarang?
Jawaban : 8 karena yang dibagi kan 2 jadi masih ada 8, kalau yang dibagi 5 nah baru tinggal 5.
68. Sebutkan 3 angka yang jika dijumlahkan dan dikali hasilnya sama!
Jawaban = 1,2,3 (1+2+3=1x2x3=6)

69. Sebuah jam berdentang 1 kali pada jam 1, 2 kali pada jam 2, 3 kali pada jam 3 dan seterusnya. Pada jam 3, jam itu berdentang selama 3 detik. Berapa detik yang diperlukan oleh jam itu ketika berdentang pada jam 6?
Jawaban : 7,5 detik. Pada jam 3, jam berdentang 3 kali selama 3 detik artinya ada 2 kali jeda antar dentangan. Jika dengan 2 kali jeda dibutuhkan waktu 3 detik berarti tiang jeda memakan waktu 1,5 detik. TENG – 1,5 detik – TENG – 1,5 detik – TENG. Berarti jika jam 6, maka jam akan berdentang 6 kali dengan 5 kali jeda, sehingga waktu yang dibutuhkan adalah 5 x 1,5 detik= 7,5 detik.

70. Jika untuk merebus sebuah telur diperlukan waktu 2 menit. Berapa waktu yang diperlukan untuk merebus 10 telur?
Jawaban : Tetap 2 menit. Rebus saja semua sekaligus.

71. A pergi dari kota P ke kota Q menggunakan mobil dengan kecepatan 60 km/jam. Sedangkan B pergi dari kota Q ke kota P menggunakan mobil dengan kecepatan 45  km/jam. Jika A dan B berangkat diwaktu yang bersamaan, saat A dan B bertemu di tengah jalan, siapa yang lebih dekat ke kota P?
Jawaban : Sama-sama dekat karena ketika mereka bertemu tandanya jarak mereka ke kota P sama.

72. Mana yang lebih besar antara 17 persen dari 77 atau 77 persen dari 17?
Jawaban : Sama besar. 17 persen dari 77 = (17/100) x 77 = (77/100) x 17 = 77 persen dari 17.

73. Andi mempunyai 5 buah roti, Budi memiliki 7 buah roti, sedang Cici memiliki uang sebanyak 1200. Roti tersebut kemudian dibagi 3 sama banyak, sedangkan uang Cici dibagi kepada Andi dan Budi. Berapa uang yang didapat oleh Andi dan Budi?
Jawaban : Andi mendapat 300 sedang Budi mendapat 900. Jika roti yang berjumlah 12 itu dibagi rata maka masing-masing orang akan mendapat 4 roti. Andi akan memberikan 1 roti miliknya pada Cici sedang Budi akan memberi 3 roti miliknya.

74. Bagaimana mengukur waktu 9 menit menggunakan 2 jam pasir yang memiliki durasi 4 menit dan 7 menit?
Jawaban : Mulailah perhitungan secara bersamaan. Ketika jam pasir yang berdurasi 4 menit selesai, baliklah. Ketika jam pasir berdurasi 7 menit selesai, balik. Semenit kemudian, jam pasir berdurasi 4 menit selesai, yang berarti 8 menit sudah lewat dan akan ada waktu 6 menit untuk pasir di bagian atas jam pasir berdurasi 7 menit dan 1 menit untuk pasir yang ada di dasar, jadi baliklah jam pasir berdurasi 7 menit itu. Semenit kemudian, waktu 9 menit pun terpenuhi.

75. Seorang petani mempunyai banyak ayam betina. 20 ekor diantaranya yang tinggal dalam 3 kandang ayam akan menetaskan 30 telur dalam kurun waktu 18 hari. Berapa lama waktu yang diperlukan oleh 30 ekor ayam betina lain yang tinggal dalam 4 kandang ayam untuk menetaskan telur dengan jumlah sama?
Jawaban : Tetap 18 hari karena memang durasi waktu itu yang dibutuhkan untuk menetaskan telur. Memperbanyak jumlah ayam tidak bisa memperpendek waktu tetasnya.

76. Berapa banyak tanah yang ada dalam lubang yang panjangnya 20 m, lebarnya 5 m, dan dalamnya 2 m?

Jawaban : Tidak ada tanah di dalam sebuah lubang.
77. Yang palsu laku tapi yang asli malah gak laku. Apa itu?
Jawaban : Gigi palsu

78. Ketika kamu membutuhkanku, kamu malah membuangku. Tapi jika kamu tidak membutuhkanku, kamu membawaku kembali. Apakah aku?
Jawaban : Jangkar

79. Apa yang memiliki banyak kunci tapi tak bisa digunakan untuk membuka pintu?
Jawaban : Piano

80. Benda apa yang berwarna hitam ketika kamu membelinya, berwarna merah ketika kamu memakainya, dan berwarna abu-abu ketika kamu membuangnya?
Jawaban : Arang

81. Apa yang memiliki 6 wajah tapi tidak menggunakan makeup, memiliki 21 mata tapi tidak dapat melihat?
Jawaban : Dadu

82. Sebelum Mount Everest ditemukan, apa gunung tertinggi di dunia?
Jawaban : Tetap Mount Everest hanya saja belum ditemukan.

83. Aku ringan seperti bulu, tapi tak ada seorang pun yang dapat menahanku dalam waktu lama. Apakah aku?
Jawaban : Napas

84. Aku memiliki sebuah rumah kecil yang hanya aku tinggali seorang diri. Rumahku tidak memiliki pintu atau jendela dan jika aku ingin keluar aku harus memecah dindingnya. Apakah aku?
Jawaban : Anak ayam di dalam telur.
85. Apa keahlian khusus Sinterklas?
Jawaban : Karate karena ia mengenakan sabuk hitam.

86. Aku kecewa ketika mereka berwarna hijau, tapi aku juga kecewa ketika mereka berwarna cokelat. Tapi di antara perubahan warna itu, dalam kurun waktu singkat mereka bisa berwarna kuning dan itu membuatku sangat senang. Apakah mereka itu?
Jawaban : Pisang

87. Kamu memiliki 3 kompor, kompor gas, kompor kayu, dan kompor arang. Tapi kamu hanya memiliki sebuah korek api. Mana yang lebih dulu kamu nyalakan?
Jawaban : Korek api

88. Seorang wanita yang sedang mengandung telah memiliki 6 anak lain yang masing-masing bernama Doni, Renata, Michelle, Fatin, Sola, Laras. Siapa nama anak ketujuh yang akan segera dilahirkannya? Jessica, Evan, Sita, atau Jodi?
Jawaban : Sita. Sepertinya wanita itu memberi nama depan anaknya sesuai urutan tangga nada Do, Re, Mi, Fa, Sol, La, Si.

89. Kamu menggunakan pisau untuk memotong kepalaku tapi kemudian kamu menangis ketika aku mati. Apakah aku?
Jawaban : Bawang bombay

90. Kapan kamu menambahkan 2 pada 11 dan akan menghasilkan angka 1?
Jawaban : Ketika menambahkan 2 jam pada jam 11 menjadi jam 1.

91. 2 orang gadis memiliki orang tua yang sama, lahir dijam yang sama, hari yang sama, bulan yang sama, tapi mereka bukanlah anak kembar. Bagaimana ini bisa terjadi?
Jawaban : Mereka lahir ditahun yang berbeda.

92. Bagaimana bisa kamu mengambil 2 dari 5 dan menghasilkan 4?
Jawaban : Bahasa Inggris 5 adalah FIVE. Ambil 2 huruf ( F & E ) dari FIVE sehingga yang tersisa IV (angka romawi 4).

93. Aku adalah sebuah kolam kecil dengan 2 dinding menutupiku. 1 dinding berwarna putih dan lembut sedang dinding yang lain gelap dan keras dengan warna cokelat atau hijau. Apakah aku?
Jawaban : Kelapa

94. Tom dan adiknya selalu bertengkar. Ibu mereka sudah lelah dengan semua pertengkaran mereka dan memutuskan untuk memberi hukuman. Ibu membuat mereka berdua berdiri di atas kertas koran yang sama tapi mereka tidak bersentuhan satu sama lain. Apa yang ibu lakukan hingga bisa membuat hal semacam itu?
Jawaban : Ibu menyelipkan kertas koran itu ke bawah pintu lalu menyuruh Tom dan adiknya berdiri pada masing-masing sisi pintu yang tertutup.

95. Seorang pria sedang bekerja lalu tiba-tiba pakaiannya robek. Mengapa 3 menit kemudian pria itu mati?
Jawaban : Karena ia adalah seorang astronot yang sedang bekerja di luar angkasa.

96. Aku adalah sesuatu yang dicintai sekaligus dibenci orang-orang. Aku mengubah penampakan dan pemikiran seseorang. Jika seseorang merawat dirinya dengan baik aku akan menjadi lebih tinggi. Bagi beberapa orang aku adalah misteri. Orang lain mungkin ingin mencoba menyembunyikanku tapi aku akan selalu tampak. Sekeras apapun usaha seseorang aku tak akan pernah mengecil. Apakah aku?
Jawaban : Usia

97. Datar seperti daun, bulat seperti lingkaran. Memiliki 2 mata tapi tidak bisa melihat. Apakah aku?
Jawaban : Kancing

98. Aku mempunyai ratusan kaki tapi aku hanya dapat bersandar. Kamu membuatku kotor untuk membuatmu merasa bersih. Apakah aku?
Jawaban : Sapu

99. Aku selalu mengikutimu kemana pun kamu pergi ketika malam hari. Aku tampak begitu terang bagi manusia dan aku memiliki banyak rupa dan bentuk. Apakah aku?
Jawaban : Bulan

100. Siapa yang mengikutimu sepanjang hari ketika siang tapi kelelahan untuk mengikutimu di malam hari?
Jawaban : Bayanganmu

101. Dia memiliki tangan tapi tidak bisa menggenggam. Ia memiliki gigi tapi tak bisa menggigit. Ia memiliki kaki tapi dingin dan pandangannya kosong, tidak mengarah pada apapun. Siapakah ia?
Jawaban : Boneka

102. Aku berwarna biru di siang hari dan hitam di malam hari. Aku mengandung makhluk yang hidup maupun mati. Apakah aku?
Jawaban : Air laut

103. Kamu membuang bagian luarku lalu memasak bagian dalamnya. Lalu kamu memakan bagian luarku dan membuang bagian dalamnya. Apa yang kamu makan?
Jawaban : Biji jagung

104. Apa yang tidak pernah menggunakan giginya untuk makan?
Jawaban : Sisir

105. Huruf apa yang sama sekali tidak muncul dalam tabel periodik unsur?
Jawaban : Huruf “J”

106. Aku menghabiskan waktu di jendela, pergi ke meja penuh makanan di siang hari dan bersembunyi pada malam hari. Apakah aku?
Jawaban : Lalat

107. Aku bukan baju tapi aku menutupi tubuhmu. Semakin sering aku digunakan, semakin kurus tubuhku. Apakah aku?
Jawaban : Sabun mandi batang

108. Aku memiliki banyak warna dan tubuhku sangat tipis. Aku dapat ditemukan di setiap negara, bahkan di rumahmu pun aku dapat ditemukan. Aku sangat penting. Kamu bisa menjadi kreatif jika bersama denganku, aku bahkan bisa membantumu belajar. Apakah aku?
Jawaban : Kertas

109. Aku suka menari dan berputar-putar. Aku juga bisa menggoyang-goyangkan ekor. Aku bisa terbang sekalipun tanpa sayap. Apakah aku?
Jawaban : Layang-layang

110. Ketika terkena air aku tidak merembes, tapi jika banyak bergerak aku akan mengeluarkan banyak air. Ketika aku dipukul warnaku akan berubah. Aku berfungsi menutupi bagian vital dan aku sangat lentur. Apakah aku?
Jawaban : Kulit

Demikianlah kumpulan tebak-tebakan mengasah otak yang menjadi pilihan kami. Apa kamu bisa menjawab semuanya dengan tepat? Jika iya, kamu boleh membanggakannya.Tapi jika tidak pun tak masalah yang penting artikel ini bisa menghiburmu. Semoga bermanfaat.

Erika P

Belum ada Komentar untuk "Tebak tebakan Mengasah Otak lucu bikin ngakak Kalau Gak Tahu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel